” Sitobo Lalang Lipa”Ritual Adat Menyelesaikan Konflik

Si Tobo’ Lalang Lipa’ atau Sigajang laleng lipa mencerminkan sebuah pertarungan yang elegan Suku Bugis  Makassar  serta menunjukkan keberanian yang sejati dan fair untuk menyelesaikan sebuah konflik.Siapa pun yang bertikai dan gagal menyelesaikannya melalui musyawarah atau perdamaian, perjanjian di dalam sarung akan dihelat. Masuklah seorang daeng ke sarung itu lalu memanggil dengan hormat daeng (lawannya).

Ketika keduanya berada dalam sarung, keduanya saling berbagi badik. Keduanya berjanji bahwa pertarungan itu akan berakhir hidup atau mati. Dan setelahnya tiada dosa warisan atau tidak ada pihak lain yang berhak mempersoalkan pertarungan itu. Dalam banyak peristiwa, pertarungan dalam sarung sering kali berlangsung lama.

Pertarungan sengit Dalam lingkaran sarung yang sempit itu, kelaki-lakian seseorang akan teruji, siapa saja yang bertarung di dalamnya punya mentalitas yang luar biasa. Pertarungan head to head paling sejati yang mengharamkan sistem keroyok dan pengkhianatan.

inilah ciri khas budaya Bugis Makassar, ketika sebuah perselisihan tak dapat lagi dihindari, maka harga diri harus ditegakkan dengan cara saling meniadakan nyawa. Di saat seperti itu konflik berdarah mengacu kepada sebuah orientasi ujian kemuliaan seorang manusia.

DSC00176
Exlusive  Photo By  : Me

Seiring dengan kemajuan pendidikan maka ritual budaya semacam ini telah ditinggalkan oleh masyarakat bugis makassar,  kini tradisi  ini telah dilestarikan sebagai warisan budaya leluhur Sulawesi Selatan, yang dipentaskan diatas panggung dalam  bentuk tari dan Drama teaterikal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.