Menulis Aksara Lontara Pada Window 8.1

Kabar baik bagi penggemar aksara Lontara Bugis , karena Microsoft Windows 8.1 sudah mendukung aksara ini. Aksara Lontara Bugis ini adalah aksara UNICODE, jadi aksara tidak akan muncul jika langsung diketik menggunkaan keyboard QWERTY. Oleh karena itu diperlukan keyboard virtual, atau aktivasi aksara/bahasa Bugis pada komputer dengan Windows 8.1 untuk memudahkan pengetikan.

Jika Anda berminat mencoba, silahkan ikuti beberapa langkah di bawah ini :


1. Aktifkan Aksara Lontara Bugis

Saat ini aksara Lontara Bugis masih tersembunyi di Windows 8.1, jadi sebelumnya kita harus aktivasikan aksara ini. Search “fonts” :

1

Klik pada “Fonts”, search “buginese”, pilih “Leelawadee UI”, lalu klik “Show”. Leelawadee adalah nama untuk aksara Lontara Bugis. Langkah ini akan memastikan font Lontara Bugis akan muncul pada pilihan font di aplikasi-aplikasi Microsoft.

2

2. Tambahkan bahasa Bugis (add a language) “buginese” :
3

Pilih Add a language to this device.

4

PENULISAN AKSARA BUGIS

Untuk menghidupkan keyboard Lontara Bugis , kita bisa klik icon keyboard kanan bawah. Secara default, keyboard kita adalah untuk bahasa Inggris (ENGLISH), jadi klik tulisan “ENG” untuk memilih jenis keyboard lain.

5

Begitu ENG ditekan maka akan muncul pilihan keyboard lain, misalnya seperti ini :
6

Terlihat di situ bahwa kita bisa memilih berbagai jenis aksara yang lain. Pilih Buginese untuk mengetik aksara Lontara Bugis. Begitu diklik maka tanda keyboard berubah menjadi seperti ini (huruf image_thumb[5]  bunyinya UGI = BUGIS) :
7

Cara Penulisan

Lontara Bugis ditulis secara normal melalui keyboard di Windows 8.1. Misal huruf “ka” diketik menggunakan tombol “k”. Namun ada beberapa karakter yang mappingnya berbeda. Di bawah ini contoh penulisannya :
89

Keyboard Shortcut

Untuk mempercepat perpindahan dari huruf latin ke Lontara Bugis dan sebaliknya, kita bisa gunakan keyboard shortcut WIN-SPACE. Hapus seluruh keyboard layout yang tidak terpakai melalui Language Preferences. Seperti di bawah ini, setelah saya hapus keyboard layout yang lain, maka saya bisa berpindah dengan sangat cepat menggunakan WIN-SPACE setiap saat.
Virtual Keyboard (On-Screen Keyboard)

Di Windows 8.1 juga tersedia Virtual Keyboard (On Screen Keyboard) untuk ᨚᨊᨈᨕᨑᨕLontara Bugis, terutama sekali diperlukan bagi pengguna tablet yang tidak memiliki keyboard.
10

Sumber : http://tonyseno.blogspot.com/2014/04/menulis-aksara-lontara-bugis.html

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s