Mengenal CDN

Teknologi yang begitu pesat membuat kita harus semakin kreatif dalam memberi produk yang bermanfaat untuk publik.

CDN ( Content Delivery Network ) adalah sebuah teknologi terbaru sebagai bentuk mirroring content website kita. Dengan menggunakan CDN maka content web kita seperti CSS, Image, Video, Custom Scripts akan di mirror di server cadangan yang terletak di berbagai negara.

di dalam wikipedia pengertian CDN adalah sebagai berikut :

CDN is a system of computers containing copies of data placed at various nodes of a network. When properly designed and implemented, a CDN can improve access to the data it caches by increasing access bandwidth and redundancy and reducing access latency. Data content types often cached in CDNs include web objects, downloadable objects (media files, software, documents), applications, live streaming media, and database queries.

atau dalam terjemahan :

sistem komputer yang berisi salinan data ditempatkan pada berbagai node jaringan. Ketika dirancang dan dilaksanakan dengan benar dan tepat, CDN dapat meningkatkan akses ke cache data itu dengan meningkatkan bandwidth akses dan redundansi dan mengurangi latensi akses. Jenis konten data sering di-cache dalam CDN yaitu objek web, obyek download (file media, software, dokumen), aplikasi, media streaming, dan query database.

secara kasar CDN merupakan suatu sistem yang di rancang untuk mempercepat akses ke website sehingga dapat membantu dalam optimasi website.

berikut merupakan gambar alur dari system CDN
cdn_service
Jadi dengan menggunakan CDN artinya content (image,css, video, custom script) akan di copy –> mirror ke server lain Misal :
Kita memiliki website yang web hostingnya menggunakan  di Indonesia, otomatis bila ada pengunjung dari Rusia yg mengunjungiwebsite kita, mereka akan kesulitan membuka website kita krn terbatas jarak dan speed international connection dari kedua negara. Dan bahkan tak jarang berakhir dengan timeout.

Dengan CDN , seperti yang telah dijelaskan di atas, content web anda akan di copy(mirroring) ke server lain yang tersebar di berbagai negara Seperti :
– Western Europe
– Eastern Europe
– Nort America
– South America
– Asia
– Australia

Dengan menggunakan CDN : meskipun server berada di Indonesia, bila ada pengunjung dari Eropa, maka bukan server indonesia (tempat web anda) yang melakukan response, melainkan server CDN yg berada di Eropa.  Begitu juga bila ada pengunjung yg berasal dari USA, server CDN USA yg melakukan reponse ke pengunjung tersebut. Secara otomatis server CDN akan merespon dengan server yang terdekat dengan visitor.

Alhasil dengan penggunaan CDN ini, web anda akan cepat di buka dari negara manapun, dan yang pasti quota bandwidth anda di server asal akan sangat minim pemakaiannya. Efek lainnya adalah, website/blog anda tidak akan membebani resources server shared hosting krn sangat ringan dan tidak menyebabkan overload.

CDN ini cocok bagi anda yang ingin :
1. Memiliki website yang bisa di buka di negara manapun dengan loading time yang sangat cepat.
2. Memiliki website dengan traffic visitor tinggi dari berbagai negara.
3. Memiliki web dengan penggunaan resources minimum tanpa suspend dan limitasi provider hosting.

CMS yang saat ini bisa di pasang CDN adalah :
WordPress
Joomla
saat ini banyak sekali perusahaan yang memberikan pelayanan CDN, rata-rata biaya yang di tawarkan yaitu tergantung pemakaian bandwidth yang digunakan setiap bulannya. contoh perusahaan yang memberikan pelayanan CDN yang terkenal yaitu cloudflare, cloudfare terkenal karena memberikan layanan CDN secara gratis, sehingga bagi anda yang akan mencoba CDN maka wajib untuk mencobanya dulu di layanan gratis cloudflare sebelum memutuskan untuk berlangganan secara berbayar.
untuk melakukan test website agar mengetahui perbedaan kecepatan akses sebelum dan sesudah menerapkan konsep CDN dapat di cek di http://pagespeed.googlelabs.com/pagespeed/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s