Mangguliling , Sebuah Fenomena Alam

adalah sebuah dusun yang terlatak desa baring, kecamatan segeri , kabupaten pangkep , provinsi sulawesi selatan , berjarak sekitar 95 Km sebelah utara dari kota makassar, ada sebuah fenomena menarik yang  terjadi,  kejadian unik dan kini menjadi hangat, serta menjadi sebuah buah bibir , yaitu sungai Mangguliling. ribuan orang, setiap harinya berkunjung ke kaki bukit bulu karoang ini , mengapa hal itu bisa terjadi ???

entah bermula dari mana, sungai tersebut, dipercaya berkhasiat dan mampu menyembuhkan berbagai jenis penyakit, olehnya, banyak warga yang berbondong -bondong  untuk mengunjunginya , berharap mendapatkan kesembuhan dari penyakit yang dideritanya,  bahkan tidak jarang banyak yang berasal dari luar kota pangkep  bahkan ada juga yg berasala dari provinsi lain.

Aliran Sungai Mangguliling
Aliran Sungai Mangguliling

bukan sebuah hal yang mustahil , jika masyarakat kini yang telah putus asa karena  berbagai macam penyakit yang dideritanya tak kunjung sembuh , di sini mereka mampu merasakan sebuah keajaiban . entahlah apakah hanya sekedar mitos , spekulasi , atau sebuah fenomena ?

namun faktanya pun tak dapat kita pungkiri . tak sedikit orang yang telah membuktikan  dan memberikan kesaksian atas keajaiban dan khasiat yang mereka peroleh setelah berendam di aliran sungai ini.

hanya saja  , di sisi lain , banyak hal yang memprihatinkan , yaitu sampah dan kotoran yang ditinggalkan oleh parara pengunjung , meski banyak terpasang papan peringatan agar tidak membuang sampah sembarangan , namun hal ini tidak mampu menjadi pengahalang  bagi pengunjung untuk membuang berbagai macam jenis samapah , mereka seakan tidak peduli dan terkesan acuh, mulai dari bungkusan yang terbuat dari daun pisang , kantong plastik sampai , popok bayi , semua itu dibiarkan berserakan di pinggiran sungai , bahkan di tengah sungai , aliran yang dulunya bersih , kini mulai kotor dan terlihat sangat awut-awutan .

sungai
Sejuknya Air Sebagai Terapi Alam

hal ini pun merupakan ancaman dan malapetakan  besar bagi kelestarian lingkungan , jika saja satu orang pengunjung membuang 1 kantongan palastik dan botol minuman ringan ,bagaimana bila hal tersebut dilakukan oleh 1000 orang, ???? itu berarti puluhan ribu kantong dan botol pelastik akan menumpuk setiap hari , siapa yang mau peduli dan bertanggung jawab  ???

hal yang cukup miris , ketika alam memberikan kebaikan , maka manusia membelasnya dengan cara memberikan sampah dan kotoran  ….. sehingga jangan salahkan alam , jika ia pun mulai murka dan memberikan teguran .

Advertisements

6 thoughts on “Mangguliling , Sebuah Fenomena Alam

  1. tp skrg sdah berlaku peraturanx mobil dilarang lansg masuk..jd pngunjg harus jln kaki kurang lbih 3km atau naik ojek byar sekitar 20rb/kpl … … klo bgtu bkn ksembuhan yg didapat dp malah kecapeaan jln to klo org ga mampu byar ojek pasti jln kaki…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s